Cara Membuat Bayangan / Drop Shadow di Coreldraw


Cara Membuat Bayangan di CoreldrawDalam desain grafis peran drop shadow atau memberi bayangan pada objek akan membuat objek tersebut berada diatas dari permukaan. Jika anda pengguna sistem operasi windows biasanya pada awal anda membuka komputer pasti akan masuk bagian awal atau bernama Desktop, disitu terdapat icon-icon seperti my computer, Recycle Bin, dll yang mempunyai nama atau label, nah nama icon tersebut mempunyai sebuah bayangan hitam tipis, nah peran shadow disitu adalah untuk memperjelas tulisan agar lebih terlihat lagi.

Di Coreldraw sendiri sudah disediakan tool yang namanya 'Drop Shadow Tool' yang bisa diaplikasikan untuk membuat efek drop shadow pada objek maupun tulisan. Penggunaanya juga cukup mudah seperti tool-tool yang lainya. Saya akan membagi berapa cara atau trik model shadow. Sebelum membuat efek drop shadow sebaiknya seperti apa bagusnya drop shadow ini digunakan atau diterapkan. Semoga desain dibawah ini juga menginspirasi anda untuk membuat model-model shadow :

1950's by Jeremy Booth 
standing air by Jeff Rogers
Vintage C by Matthew Daniels


Drop Shadow dengan Efek Datar / Flat / Long Shadow

Cara Pertama : (Otomatis)

Pada cara ini kita tidak menggunakan tool shadow yang ada di coreldraw melainkan menggunakan tool yang biasanya kita sebut extrude, tool ini akan membuat efek 3D seperti objek tersebut tampak 3 Dimensi namun efek 3D itulah yang nantinya kita akan buat bayanganyanya.





  1. Seleksi Objek yang yang akan memiliki Shadow atau biasanya berada paling bawah.
  2. Pilih Extrude Tool
  3. Klik pada permukaan objek lalu klik dan drag kebawah atau sembarang area.




  1. Agar efek extrude lebih persis menyerupai bentuk asli maka tambahkan option-option seperti dibawah ini, tetapi buka terlebih dahulu jendela extrude Window > Dockers > Effect > Extrude



  1. Setelah muncul jendela Extrude klik (Edit)
  2. Pilih Back Parallel
  3. Apply 
  4. Jangan lupa agar efek extrude agar melebihi background.


  1. Setelah klik Apply, pisahkan objek extrude dengan objek yang akan diberi shadow ( Caranya tekan kombinasi CTRL + K ) maka objek otomatis akan terpisah. NB : (jika masih ada potongan, coba ungrup lalu weld caranya Ctrl + U lalu pilih Weld (Weld ini terletak 2 loncat kekiri dari Intersect), jika tidak ada seperti gambar diatas maka tidak usah di ungrup dan weld.
  2. Seleksi Keduanya yaitu background dan objek extrude
  3. lalu pilih Intersect
  4. Setelah itu hapus objek extrude pertama.



  1. Seleksi Objek yang setelah kita Intersect
  2. Pilih Transparency Tool
  3. Pilih Uniform (Opsional - Boleh disesuaikan sendiri)
  4. Atur tingkat transparanya, selesai.



Cara Kedua : (Manual)




  1. Gunakan Polyline
  2. Buat Bayangannya
  3. Hilangan Outline dengan F12 (Dialog Outline Pen)
  4. Lalu Warnai Shadow dengan warna hitam





  1. Posisikan Objek diatas Shadow, pertama seleksi terlebih dahulu objeknya lalu dengan Ctrl + X dan Ctrl + V atau Ctrl + Page Up
  2. Seleksi Shadow terlebih dahulu lalu pilih opsi Transparency Tool
  3. Ganti menjadi model Uniform Transparancy
  4. Atur tingkat transparansinya


Drop Shadow dengan Efek Glow

Berbeda dengan drop shadow pada model flat, drop shadow versi ini lebih lembut di bandingkan model flat.

Anda juga bisa menyesuaikan arah Shadow tersebut secara manual meskipun di coreldraw juga menyediakan banyak model-model pilihan shadow secara otomatis.

Untuk manual atau menyesuaikan arah shadow :



  1. Pilih Drop Shadow
  2. Klik pada objek lalu tarik ke semua arah sampai terlihat seperti gambar diatas, apabila ingin shadow berada menyeluruh ditengah anda hanya menarik tidak sampai melebihi objek, maka shadow akan berada ditengah.


Dan hasilnya akan seperti ini


Di bawah ini adalah pengaturan dropshadownya :





  1. Yaitu Dropshadow Opacity : berguna untuk mengatur transparansi shadow, nilai semakin tinggi maka yang dihasilkan maka semakin hitam
  2. Shadow Feathering : Membesarkan bagian shadow begitu sebaliknya.






  1. Drop Shadow juga bisa kita warna


Coreldraw juga menyediakan beberapa penetapan contoh model shadow termasuk juga bentuk flat, glow, dan perspektif yang berada diarea seperti dibawah ini.




  1. Klik Menu Presets dan pilih.
Ini adalah contoh-contoh penerapan shadow





Terimakasih :) , semoga bermanfaat postingan tentang cara membuat teks shadow / bayangan shadow objek di coreldraw, terimakasih sudah berkunjung, salam...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar