Cara Menggabungkan Objek di CorelDRAW


Cara Menggabungkan Objek di CorelDRAW - saat pertama kali kita menggunakan coreldraw, bagaimana kita menggabungkan atau mengkombinasikan objek A ke objek B atau yang lain menjadi satu objek curve, sebenarnya coreldraw mempunyai tool yang bisa menggabungkan objek 1 ke objek lain toolnya bernama "Weld Tool", belum pernah dengar? atau sudah biasa di pakai? memang tutorial ini adalah tutorial Dasar Coreldraw, jadi kita membahasnya sedikit demi sedikit, langsung saja, di bawah ini adalah tutor bersama gambarnya untuk memperjelas.


1. Dibawah ini menggabungkan curve menjadi satu, Seleksi Objek yang akan digabungkan atau tekan "SHIFT" bersamaan dengan mengeklik objek yang ingin di gabungkan lalu pada property bar terdapat tool "Weld", klik dan lihat apa yang akan terjadi pada objek yang akan kita kombinasikan.

Weld tool juga bisa kita gunakan untuk Multiple objek / banyak objek sekaligus.



Apakah bisa Weld Tool digunakan pada format Teks di Coreldraw? 



Saat kita mencoba menyeleksi kedua objek tapi berupa teks pada coreldraw tidak muncul Weld Tool seperti contoh diatas? ini dikarenakan teks yang kita buat di Coreldraw belum menjadi sebuah objek curve, untuk mengatasi seperti ini kita bisa mengubah terlebih dahulu teks tersebut menjadi Curve.

Caranya masuk ke menu "Arrange" pada menu dicoreldraw, lalu pilih "Convert to Curve" (sub bawah), setelah itu coba seleksi lagi kedua objek tersebut maka Weld tool akan muncul kembali.




Setelah Teks yang telah diubah menjadi Curve tulisanya tidak bisa kita ganti lagi, sebelum mengubahnya pastikan teks tersebut memang sudah ditetapkan, jika terlanjut Convert Curve silahkan Undo seperti biasa.

Apakah bisa menggabungkan Teks Curve dan teks yang belum di Curve?

Bisa, coba langsung saja buat 2 tulisa dengan posisi yang berbeda dan covert curve salah satu teks lalu seleksi kedua objek tersebut, setelah di Weld hasilnya adalah teks yang belum dicurve akan ikut menjadi objek curve.

Menggabungkan objek dengan Group pada coreldraw

Memang beberapa tool di Coreldraw bisa kita gunakan meskipun hasil dari sebuah tool tersebut berbeda, dengan Group tool anda juga bisa menggabungkan objek apa saja di dokumen aktif coreldraw. Group tool berbeda dengan Weld Tool, tidak bisa mengkombinasikan tulisan tetapi Group tool bisa menggabungkan tulisan tanpa mengubah teks menjadi curve terlebih dahulu, caranya

Klik kanan kedua objek lalu klik group. Untuk Ungroup silahkan seleksi kedua objek tersebut dan Ungroup

#lihat gambar




Seperti yang sudah saya sampaikan diatas Grup tool bisa menggabungkan semua objek juga berlaku untuk file berjenis atau berformat foto atau gambar, disini Weld tidak berfungsi untuk file foto, coba seleksi kedua foto dan klik Weld tool, maka salah satu foto akan menghilang.






Untuk cara memisahkan kedua objek simak dibawah ini.




Anda juga bisa memisahkan lagi objek yang telah digabungkan dengan Ungroup Tool, terdapat dua tool ungroup dan ungroup All, kedua option ini memilki kegunaan yang berbeda yang pertama Ungroup hanya untuk memisahkan objek pertama dan Ungroup All memisahkan semua objek yang objek didalamnya juga ada yang di group, jadi seperti Ada group objek yang didalamnya lagi ada objek yang digroup maka itu akan terpisah.

Jadi Ungroup All ini bisa memudahkan anda agar tidak satu persatu untuk memisahkan objek dengan objek yang banyak dalam satu grup.
  1. Ungroup (memsisahkan seleksi pertama)
  2. Ungroup (memisahkan semua objek yang didalamnya juga ada objek yang digroup)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar