Cara Membuat Logo Indosiar Dengan CorelDRAW

Cara Membuat Logo Indosiar Dengan CorelDRAW, pada postingan sebelumnya saya membahas tentang cara membuat kartu nama dengan coreldraw, nah kali ini kita akan membuat salah satu logo dari channel televisi yang ada di indonesia, logo indosiar ini memang agak sedikit mirip dengan stasiun Television Broadcasts Limited, Hongkong, perbedaanya logo indosiar dengan TVB terletak pada teksnya, jika TVB tidak ada tulisan dan indosiar menyisipkan teks yang memotong antara garis warna hijau.

1. Buatlah Lingkaran biasa dengan menekan kombinasi Ctrl dan Click Mouse lalu tarik sampai menjadi lingkaran, lalu pindah lingkaran tersebut di ditengah-tengah dokumen corel dengan cara menekan shortcut "P"

2. Tahap kedua buatlah sebuah tiga persegi panjang dengan satu persegi panjang memiliki tinggi yang berbeda untuk memotong lingkaran tersebut dengan ketentuan persegi panjang tengah paling besar, lalu 2 persegi panjang lagi berada diatas dan dibawah persegi besar, dibawah ini adalah contoh hasil yang didapatkan.

Cara Membuat Logo Indosiar Dengan CorelDRAW


3. Lalu seleksi keempat Objek persegi panjang dan lingkaran tersebut, bisa menggunakan blok semua objek atau Shift dan pastikan lingkaran berada paling bawah dari ketiga objek persegi panjang, karena objek yang paling bawah otomatis akan terpotong oleh objek diatasnya.

4. Jika kita menyeleksi dua atau lebih objek, otomatis pada property bar akan muncul opsi objek atau di illustrator adalah pathfinder, pilihlah tool "Back Minus Front" lihat gambar dibawah.

Cara Membuat Logo Indosiar Dengan CorelDRAW

5. Sekarang anda mendapatkan objek lingkaran yang diputus-putus oleh 3 Persegi panjang tersebut.

6. Objek ini masih belum terpisah sepenuhnya, untuk memisahnya seleksi semua objek dan tekan "CTRL + K" adalah opsi coreldraw bernama Break Apart yang berfungsi untuk memisahkan atau memecah objek menjadi terpisah yang sebelumnya objek tersebut adalah satu curve.

7. Objek tersebut telah terpisah-pisah dan anda bisa mewarnai objek tersebut satu persatu dengan warna paling atas merah, kedua dan ketiga hijau, kelima biru, dibawah ini adalah code HEX warnanya :

  1. Merah : #EC1B24
  2. Hijau : #01A54F
  3. Biru : #00ADEF
Tidak tau cara menerapkan code HEX Warna pada Uniform Fill ? silahkan kunjungi link berikut Dasar-Dasar CorelDraw



8.  Lalu buat teks "INDOSIAR" dengan tulisan "Bold", bisa menggunakan font Family seperti Arial dan Calibri sesuaikan hampir menyentuh garis hijau, Pasangkan tepat di tengah logo tersebut, lalu hapus huruf  "O" dan berikan jarak pada huruf yang dihapus, lihat gambar dibawah ini.


9. Buatlah empat lingkaran dengan besar yang berbeda, tapi tetap jadikan lingkaran lebih kecil berturut-turut, anda juga bisa membuat lingkaran besar terlebih dahulu berwarna merah dan copy paste kecilkan dan beri warna putih berseling-seling. Pada tahap ini aja juga boleh menggunakan Back Minus Front untuk menghapus objek warna putih.


10. Pasangkan objek diatas bertempat pada huruf O pada tulisan ind siar tadi. Untuk lebih kustom anda juga bisa menghilangkan "Outline" pada semua objek, caranya seleksi semua objek tersebut dan tekan "F12" untuk memunculkan dialog Outline dan Ganti "Width" dengan "None"

11. Setelah langkah tersebut selesai, kita akan membuat kotak dengan tepi melengkung atau bulat (Rounded). agar terlihat garisnya jangan hapus outline untuk objek ini.


  1. Buatlah persegi panjang lebih besar dai Logo tersebut
  2. Klik objek persegi panjang tersebut dan gunakan "Shape Tool" atau shortcut key "F10"
  3. Lalu seret titik sudut persegi panjang sampai seperti persegi panjang tumpul.
  4. lihat di bawah ini. dan logo indosiar versi coreldraw selesai.
Gambar Shape Tool.


Ingin memberi masukan atau kesulitan? silahkan sisipkan pesan anda pada komentar dibawah, terimakasih semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. Belajar Desain Grafis: Cara Membuat Logo Indosiar Dengan Coreldraw >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Belajar Desain Grafis: Cara Membuat Logo Indosiar Dengan Coreldraw >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Belajar Desain Grafis: Cara Membuat Logo Indosiar Dengan Coreldraw >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK J3

    BalasHapus