Cara Menghilangkan Outline/Garis Tepi Pada CorelDRAW


Cara Menghilangkan Outline Pada CorelDRAW, pada dasarnya coreldraw akan membuat outline otomatis ketika kita mencoba membuat sebuah shape di coreldraw yang berfungsi untuk mengetahui bentuk tersebut, nah apa bisa kita mengatur agar outline tidak muncul lagi pada saat membuat objek? yang pasti Corel tidak menghiraukan hal seperti ini untuk kenyamanan dan fitur pengguna, terdapat dialog bernama Change document default yang juga nanti kita bahas di tutorial.


Kegunaan garis tepi ini pada coreldraw bermancam-macam dan menyesuaikan karakter desain seperti Flat desain atau desain datar yang kebanyakan outline akan dihilangkan untuk menambah kesan datar, tapi tidak menutup kemungkinan outline pada flat design biasanya digunakan untuk membuat sebuah ikon-ikon kecil untuk bahan material penjelas seperti pada web, software dll.

Software grafis ini mempunyai beberapa cara untuk menghapus garis tepi, lebih mudahnya ikuti cara menghilangkan outline dicoreldraw dibawah ini.

Menghapus Outline pada Toolbox


Pada toolbox coreldraw (disebelah kiri area kerja coreldraw) terdapat ikon seperti pen tool tapi apabila pentool untuk membuat shape letaknya berurutan dengan tool-tool yang kegunaanya sama sedangkan untuk Outline letaknya di muka dan biasanya dibawah Color Eyedropper dan diatas Fill Tool untuk versi (CorelDraw X6).

  1. Klik dan tahan ikon dan arah panah kecil yang menghadap serong kebawah.
  2. Pilih No Outline

Menghapus Outline pada Propertybar

Menghapus garis tepi pada toolbar property bar tempatnya berada diatas dan sebelah kanan apabila anda membuka dropdown list tersebut akan muncul beberapa perintah ukuran garis, yang paling atas adalah None : berfungsi agar outline tidak ada, Hairline : outline memilki ketebalan seperti rambut, dan semakin kebawah tingkat ketebalan akan bertambah sampai 10.0 mm.
  1. Seleksi outline 
  2. Pilih None

Kenapa perintah ukuran outline tidak muncul saat menyeleksi banyak Outline pada property bar?

Saat kita ingin menghilangkan banyak outline pengaturan pada property bar tidak muncul ini disebabkan karena coreldraw akan membuat fungsi lagi ketika anda meyeleksi lebih dari satu objek, opsi yang akan muncul seperti Weld tool, trim, intersect, untuk menyelesaikan seperti ini anda bisa menggunakan alternatif pada Toolbox, Statusbar dan Shortcut outline, dengan itu anda bisa menghapusnya lagi.

Menghapus Outline pada Statusbar



Ada dua pengaturan pada status bar untuk warna dan garis yang tempatnya dibawah paling kanan coreldraw, caranya dengan mengeklik 2X kotak kecil tersebut yang nantinya akan muncul dialog Outline Pet seperti diatas, tampilan sama seperti pada property bar.
  1. Klik dropdown list
  2. Pilih None 
  3. OK
Menghapus Garis dengan Shortcut

Default Coreldraw untuk dialog Outline Pet adalah F12, untuk lebih cepatnya anda juga bisa mengganti tombol shortcutnya di Tool > Customization > Command


Mengatur default outline membuat shape.


Untuk cara cepat mengeluarkan dialog diatas yaitu dengan tidak menyeleksi objek apapun dicoreldraw lalu pilih No Outline atau juga bisa ukuranya yang ada di property bar, status bar (klik 2X) dan Shortcut F12. 

Lalu muncul dialog lagi misal Outline Pen dan atur defaultnya.
Apabila cara diatas kurang jelas anda juga bisa membukanya secara manual pada Tool > Object Style



Otomatis Object Style akan keluar dibilah sebelah kanan anda, klik jika belum keluar dan pilih Graphic, disitu terdapat 2 macam pengaturan Outline dan Fill.

Setelah anda mengganti Ukuranya (width) otomatis saat anda membuat sebuah objek dengan tool seperti b-spline maka outline akan mengikuti pengaturan default yang anda buat.



Seperti itu beberapa cara menghapus outline pada coreldraw, jika ingin menambahkan cara lain sisipkan pada kotak komentar dibawah, endjoy.

1 komentar:

  1. Belajar Desain Grafis: Cara Menghilangkan Outline/Garis Tepi Pada Coreldraw >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Belajar Desain Grafis: Cara Menghilangkan Outline/Garis Tepi Pada Coreldraw >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Belajar Desain Grafis: Cara Menghilangkan Outline/Garis Tepi Pada Coreldraw >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK 3q

    BalasHapus